Asiknya Kuliah Tugas - Ngerjain tugas bareng temen sampek malem minum kopi tetep hepi.

Tuesday, November 29, 2016

Membuat Flowchart Meminta Suatu Angka Menyatakan Kedalam Uang Menggunakan Raptor

8:39 AM Posted by Hawari Muhtarom 2 comments
Manajemen Informatika Politeknik Negeri Lampung - Dalam membuat sebuat flowchart terlebih dahulu kita harus mengetahui algoritmanya. Pada postingan sebelumnya yang berjudul Membuat Flowchart dan Menjalankan Programnya Dengan RAPTOR kita telah mempelajari sedikit tentang cara membuat flowchart menggunakan raptor. Tidaklh sulit untuk membuat sebuah flowchartnya jika kita sudah tahu langkah-langkah penyelesain suatu masalah.

Pada pembahasan kali ini saya akan membahas Membuat Flowchart Meminta Suatu Angka Menyatakan Kedalam Uang Menggunakan Raptor. Jadi dalam flowchart ini ketika nantinya kita menginputkan angka maka outputnya adalah lembaran rupiah yang menyatakan suatu angka tersebut.

Contoh informasi yang akan ditampilkan dari inputan Uang = 788865 adalah sebagai berikut :
Tersusun atas :
7 lembar 100000-an
1 lembar 50000-an
1 lembar 20000-an
1 lembar 10000-an
1 lembar 5000-an
4 lembar 2000-an
1 lembar 1000-an
1 koin 500-an
1 koin 200-an
1 koin 100-an
Sisa 65

Dengan ketentuan flowchartnya yaitu :
Buatlah array dengan elemen-elemen seperti berikut untuk membantu penguraian seperti diatas
Uang [1] = 100000
Uang [2] = 50000
Uang [3] = 20000
Uang [4] = 10000
Uang [5] = 5000
Uang [6] = 2000
Uang [7] = 1000
Uang [8] = 500
Uang [9] = 200
Uang [10] = 100

Selanjutnya langsung saja kita buka program Raptor terlebih dahulu kita save setelah membuat dokumen  baru karena jika tidak disimpan terlebih dahulu program tidak mau bisa digunakan.

Setelah Raptor terbuka yang pertama masukan simbol process ke dalam lembar kerja.  Buat 10 proses dengan ketentuan diatas tadi.




Langkah selanjutnya yakni membuat process lagi yakni dengan memasukan Jenis Uang seperti ketentuan diatas.



Buat sebuah Input dan Output yang berfungsi untuk memasukan sebuah data angka yang selanjutnya akan diproses lebih jauh lagi,



Berikutnya buat sebuah indeks dengan menggunakan simbol proses.


Setelah selesai membuat indeks, lalu kita buat sebuah pengulangan atau looping. Buat sebuah kondisi yang menyatakan jika indeks > dari panjang array length_of(Uang) maka jika benar dia akan memuat sebuah kondisi lagi yakni sebuah pemilihan jika Nilai Uang tidak sama 0 maka langsung akan berakhir atau dengan mengeluarkan sebuah sisa uang dari data yg ditampulkan. Dan jika indeks > length_of(Uang) salah maka data akan diproses terlebih dahulu yakni dengan membuat proses Jumlah floor(NilaiUang / Uang[Indeks])  Selanjutnya membuat sebuah kondisi pemilihan yanki jika jumlah tidak sama dengan 0 maka Jumlah + Jenis[Indeks] dan jika salah maka akan langsung memasuki proses Nilai Uang  NilaiUang - Jumlah * Uang[Pencacah] dan jika sudah selesai proses itu maka indeks akan ditambah Indeks Indeks + 1 untuk melakukan  sebuah pengulangan lagi.


Setelah membuat Looping selesai tahap terakhir yakni menjalankan programnya. Dan jika flowchart ini dijalankan maka yang pertama kita akan diminta memasukan sebuah angka untuk Nilai Uang dan setelah itu akan program akan menampilkan outpuntnya.



Dalam membuat sebuah flowchart seperti diatas kita harus teliti dan tahu jalan dari langkah-langkah penyelesaian masalah tersebut. Jika kalian ingin membuat flowchart namun belum paham mengenai simbol simbolnya bisa anda lihat di Mengenal Simbol - Simbol Flowchart . Sekian postingan kali ini semoga bermanfaat Terimakasih.

2 comments: