Asiknya Kuliah Tugas - Ngerjain tugas bareng temen sampek malem minum kopi tetep hepi.

Thursday, May 4, 2017

Instalasi dan Konfigurasi Remote Server SSH Ubuntu Server 16.04 LTS Terbaru

9:55 AM Posted by Hawari Muhtarom , , No comments
Manajemen Informatika Politeknik Negeri Lampung - Remote server merupakan sebuah layanan yang digunakan untuk meremote atau menjalankan kendali server dari jarak jauh. Kali ini kita akan membahas Instalasi dan Konfiguras Remote Server SSH Ubuntu Server 16.04 LTS Terbaru. Yaps remote server yang akan kita instal kali ini adalah SSH.

Apa itu SSH ? SSH (Secure Shell) merupakan sebuah software aplikasi yang digunakan untuk remote login jarak jauh. SSH lebih aman dibanding telnet, rsh dan rlogin. Sesuai dengan judul postingan kali ini langsung saja kita belajar dari lankah-langkah dibawah ini :

Ketik perintah apt-get install openssh-server untuk melakukan instalasi ssh


Untuk melakukan pengecekan status ssh kita bisa dengan mengetikan perintah service ssh status


Selanjutnya lakukan backup data sshd_config jika kita ingin mengganti port atau setingan lainnya.
cp  /etc/ssh/sshd_config  /etc/ssh/sshd_config.backup



Jika kita akan mengganti port ssh yang kita gunakan bisa dengan memasukan perintah nano /etc/ssh/sshd_config . Namun saya disini tidak mengganti portnya jadi saya gunakan defaultnya.


Setiap melakukan konfigurasi sudah selesai sebaiknya kita restart ssh dengan cara service ssh restart


Setelah selesai menginstalasi dan konfigurasi ssh kita bisa mengeceknya melaluli Putty , kita login menggunakan ip pada virtual kita dan memasukan port sesuai dengan konfigurasi kita. Lalu Klik Open


Jika benar maka putty akan langsung meminta kita untuk memasukan login as dan password . Isikan sesuai dengan hostname serta passwordnya . Apabila benar makan akan langsung masuk kedalam user yang akan kita remote


Jika tahap tahapan diatas sudah selesai maka kita bisa menggunakan ssh tersebut untuk meremote server dengan baik, walaupun jaraknya jauh. Sekian postingan tentang Instalasi dan Konfiguras Remote Server SSH Ubuntu Server 16.04 LTS Terbaru. Semoga Bermanfaat dan Terimakasih.

0 comments:

Post a Comment