Asiknya Kuliah Tugas - Ngerjain tugas bareng temen sampek malem minum kopi tetep hepi.

Friday, November 8, 2019

Belajar Desain UI Menggunakan Adobe XD - Lorem Ipsum

11:06 AM Posted by Hawari Muhtarom , , 1 comment
Manajemen Informatika Politeknik Negeri Lampung - Bertemu kembali di blog ini, dan kali ini kita akan membahas tentang postingan "Belajar Desain UI Menggunakan Adobe XD - Lorem Ipsum" dimana sebelumnya kita sudah belajar tentang Footer dalam desain UI menggunakan Adobe XD

Lorem Ipsum atau yang biasa disebut Lipsum adalah merupakan elemen yang diletakan dalam bagian tertentu untuk mendemonstrasikan visual seperti font, typografi atau tata letak. Dalam desain interface Lorem Ipsum sangat penting sekali karena guna mengefisienkan waktu dalam mendesain tanpa harus mendeskripsikan teks yang banyak.

➦ Dalam Adobe XD sendiri terdapat plugin Lorem Ipsum yang dapat digunakan untuk generate lorem ipsum itu sendiri. Terlebih dahulu kita instal plugin Lorem Ipsum di Adobe XD kita.


Siapkan bagian yang akan diberikan Lorem Ipsum.


Isikan teks bebas dan selanjutnya klik pada Plugin Lorem Ipsum dan pilih Quick Lorem Ipsum.


Maka Lorem Ipsum akan berhasil terbuat dengan sendirinya.


Sekian postingan kali ini tentang Belajar Desain UI Menggunakan Adobe XD - Lorem Ipsum. Terimakasih salam Kuas...

Belajar Desain UI Menggunakan Adobe XD - Footer

10:46 AM Posted by Hawari Muhtarom , , No comments
Manajemen Informatika Politeknik Negeri Lampung - Bertemu kembali di blog ini, dan kali ini kita akan membahas tentang postingan "Belajar Desain UI Menggunakan Adobe XD - Footer" dimana sebelumnya kita sudah belajar tentang Icons dalam desain UI menggunakan Adobe XD

Footer atau dalam Bahasa Indonesia "Kaki Halaman" yang berarti dalam sebuah website atau desain interface merupakan sebuah bagian yang berada di paling ujung bawah web yang biasanya berisikan tentang logo web atau menu dengan hyperlink. 


Dalam pembuatan footer sendiri tidak sulit, sesuai kebutuhan user interface yang akan kita buat nantinya. Masukan logo desain user interface web tersebut, serta menu - menu hyperlink sesuai dengan kebutuhan atau yang lainnya.


Sekian postingan kali ini tentang Belajar Desain UI Menggunakan Adobe XD - Footer. Terimakasih salam Kuas ...

Belajar Desain UI Menggunakan Adobe XD - Icons

10:31 AM Posted by Hawari Muhtarom , , No comments
Manajemen Informatika Politeknik Negeri Lampung - Kembali lagi diblog ini dan kali ini kita akan membahas lagi tentang "Belajar Desain UI Menggunakan Adobe XD - Icons". Pada postingan kali ini kita akan mengulas tentang Icons dalam desain user interface ini. Icons merupakan simbol yang sangat penting dalam sebuah desain. Penggunaan icon ini biasanya digunakan pada fungsi fungsi tertentu seperti contohnya Icons play memiliki fungsi untuk memutar suara atau video dan icon icon lainnya.


Untuk membuat icon sendiri sebenarnya cukup mudah hanya saja kita perlu kreatifitas dalam menggabungkan dan membentuk objek dasar satu dengan yang lainnya. Kali ini kita akan membuat desain dari salah satu contoh Icons play. Icon play tersebut merupakan gabungan dari objek lingkaran dan segitiga. Cukup mudah bukan ?

Langkah pertama buat objek lingkaran dengan Elipse Tool, hilangkan border dan berikan warna sesuai dengan kebutuhan.


Langkah kedua buat objek segitiga menggunakan Polygon Tool, hilangkan border da berikan warna sesuai dengan kebutuhan.


Lakukan grouping dari kedua objek tersebut agar menjadi satu kesatuan Icons.



Dan kita bisa menambahkan Icon play yang sudah kita buat ke Components agar bisa kita pakai kembali nantinya.



Sekian postingan  tentang Belajar Desain UI Menggunakan Adobe XD - Icons. Terimakasih salam Kuas....

Thursday, November 7, 2019

Belajar Desain UI Menggunakan Adobe XD - Tombol dan Warna

10:01 AM Posted by Hawari Muhtarom , , 1 comment
Manajemen Informatika Politeknik Negeri Lampung - Bertemu kembali di blog ini, dan kali ini kita akan membahas tentang postingan "Belajar Desain UI Menggunakan Adobe XD - Tombol dan Warna" dimana sebelumnya kita sudah belajar tentang mengenali tampilan aplikasi Adobe XD ini.
Pada pertemuan ini blog kuas akan membahas tentang Button and Color atau Tombol dan Warna. 

➦ Tombol atau button merupakan sebuah elemen penting dalam aplikasi yang didesain dengan tujuan untuk diklik. Pembuatan button dalam Belajar Desain UI Menggunakan Adobe XD - Tombol dan Warna ini yakni mengunakan Rectangle tool buat ukuran sesuai keinginan.


Dalam pengaturan sebelah kanan terdapat beberapa pilihan pengaturan berikut merupakan penjelasan pengaturan tersebut :
1. Rectangle tool  merupakan alat yang digunakan untuk membuat objek persegi.
2. Opacity  merupakan pengaturan transparasi
3. Blend Mode merupakan pengaturan untuk memilih mode dalam blend
4. Radius merupakan pengaturan pojokan rounded dalam objek
5. Fill merupakan pengaturan pemberian warna didalam objek 
6. Border merupakan pengaturan outline atau garis luar objek
7. Size merupakan pengaturan ukuran besar kecilnya 
8. Shadow merupakan pengaturan banyangan timbul pada objek
9. Background blur merupakan pengaturan blur pada sebuah background

Warna atau color merupakan salah satu aspek yang membuat desain semakin hidup. Pemilihan warna yang tepat akan membuat desain interface sangat nyaman dimata user. Dalam pemilihan warna kita bisa menggunakan pengaturan Fill dimana akan ada beberapa pilihan seperti Solid color, Linier Gradient dan Radial Gradient.




Sekian postingan kali ini mengenai Belajar Desain UI Menggunakan Adobe XD - Tombol dan Warna. Terimakasih salam Kuas...




Belajar Desain UI Menggunakan Adobe XD - Pengenalan

9:14 AM Posted by Hawari Muhtarom , , No comments
Manajemen Informatika Politeknik Negeri Lampung -  Bertemu kembali di blog ini dan kali ini kita akan membahas tentang desain. Sudah lama tak membahas tentang desain, dan kali ini kita akan membahas tentang desain, dimana yang kita bahas adalah desain UI atau User Interface. Kali ini saya akan share pengetahuan saya setelah selesai mengikuti kursus UI UX Desain . 

UI  terdiri dari dua kata yaitu User dan Interface yang berarti keduanya memiliki keterkaitan yang sangat penting dimana kita harus mementingkan user sebagai pengguna dan interface sebagai desain tampilan yang nantinya akan dipakai oleh user. Sekilas tentang User Interface, kali ini kita akan membahas salah satu software atau tools dalam mendesain UI yaitu Adobe XD.

Adobe XD merupakan tools aplikasi desain user interface dari Adobe yang gratis didownload dan digunakan sesuka kalian. Pada adobe XD mempunyai banyak fitur yang bisa digunakan dalam mendesain UI kalian nantinya. Langsung saja berikut ini merupakan tampilan aplikasi Adobe XD.


Kita bisa memulai dengan membuat projek baru dengan klik New


Lalu pilih projek yang akan dibuat apakah ingin membuat user interface Web, Android, Iphone atau lainnya.



Pada sebelah kiri terdapat toolbar yang terdiri dari Select, Rectangle, Elips, Polygon, Line , Pen , Text, Zoom, Artboard, Assets, Layer, Plugin.


Menu bar tediri dari Design dan Prototype. Design berfungsi untuk mendesain user interface dan Prototype untuk membuat interaksi prototype pada setiap halaman yang sudah kita desain tadi.


Dibagian sebelah kanan terdapat toolbar juga yang berguna dalam pengaturan desain mulai dari rata tengah kiri kanan objek, pengaturan responsive, pengaturan opacity dan lainnya.

Sekian tentang postingan Belajar Desain UI Menggunakan Adobe XD - Pengenalan. Terimakasih Salam Kuas....

Saturday, September 14, 2019

Metode DSRM ( Design Science Research Methodology )

10:05 AM Posted by Hawari Muhtarom No comments
Manajemen Informatika Politeknik Negeri Lampung - Dalam membuat skirpsi atau tugas akhir biasanya kita harus mencari metode penelitian yang cocok dan tepat. Kali ini kita akan membahas metode DSRM. Menggabungkan ilmu perilaku dan ilmu desain sebagai dua paradigma penelitian dalam metode Design Science Research Methodology atau DSRM. Ilmu perilaku memiliki arti mengembangkan serta memverifikasi teori yang menjelaskan kebutuhan bisnis. Ilmu desain akan dihasilkan keluaran atau output yang berguna dalam memecahkan permasalahan. Kedua paradigma tersebut digabungkan dalam perancangan sistem yang dapat menjawab kebutuhan bisnis dalam organisasi.



➦ Identifikasi dan dasar permasalahan
Tahapan ini mendefinisikan dasar permasalahan yang spesifik. Karena hasil identifikasi dari permasalahan  akan dipakai dalam pengembangan rancangan yang bersifat efektif dan memberikan solusi. Sumber daya yang diperlukan dalam tahapan ini yaitu mencakup pengetahuan tentang dasar dan keadaan masalah serta pentingnya solusinya.

➦ Mendefinisikan tujuan untuk solusi 
Menemukan tujuan dan menetapkan tujuan sebagai solusi dari dasar permasalahan yang ada. Tujuan yang didefinisikan sebagai solusi bisa bersifat kuantitatif misalnya solusi yan dihasilkan agar lebih baik daripada saat ini, atau bersifat kualitatif misal deskripsi tentang rancangan baru guna mendukung solusi dalam masalah yang belum ditangani.

➦ Desain dan pengembangan
Proses desain dan pengembangan sistem merupakan hal yang fundamental. Pada tahapan ini dilakukan desain rancangan dan pengembangan dari solusi yang didapat.

➦ Demonstrasi 
Tahapan demonstrasi melibatkan penggunaan didalamnya seperti pengujian, simulasi, studi kasus, eksperimen atau kegiatan lain yang bertujuan untuk menampilkan penggunaan dari apa yang sudah  didesain dan dikembangkan

➦ Evaluasi 
Pengamatan pada tahapan evaluasi sangat diperlukan guna mendukung solusi dari permasalahan. Pengamatan yang dilakukan bisa dari hasil survei kepuasan, umpan balik klien atau simulasi

➦ Komunikasikan
Komunikasikan masalah dan suolusi apa yang sudah dikembangan, ketegasan desain serta keefektifannya. Jika perlu publikasikan karya ilmiah.  


Sekian postingan kali ini yang membahas tentang Metode DSRM ( Design Science Research Methodology ) . Terimakasih Salam Kuas...

Tutorial Lengkap Instal Laravel 5.8

9:52 AM Posted by Hawari Muhtarom , No comments
Manajemen Informatika Politeknik Negeri Lampung - Laravel merupakan salah satu web framework populer yang paling banyak digunakan. Saat ini laravel mempunyai versi terbarunya yang sudah dirilis yakni Laravel 5.8. Dalam website resmi laravel, Laravel utama dirilis setiap enam bulan yakni Februari dan Agustus. Untuk melakukan instalasi laravel 5.8 terbaru beberapa keperluan sistem harus terpenuhi. Berikut merupakan kebutuhan sistem yang harus dipenuhi dalam instalasi laravel 5.8



▶ Kebutuhan Sistem Laravel 5.8
PHP >= 7.2.0
BCMath PHP Extension
Ctype PHP Extension
JSON PHP Extension
PDO PHP Extension
OpenSSL PHP Extension
Tokenizer PHP Extension
Mbstring PHP Extension
XML PHP Extension

▶ Instalasi Laravel 5.8
Dalam instalasi web framework laravel 5.8 ini terdapat beberapa cara instalasi yakni via composer atau di localhost komputer kita. Berikut merupakan cara instalasi laravel 5.8 :

Instal Laravel 5.8 via Laravel Installer
Untuk instalasi via laravel installer terlebih dahulu kita mendownload laravel installer, lalu instal menggunakan perintah composer dengan mengetikan perintah dibawah ini menggunakan terminal / cmd:

composer global require laravel/installer

Setelah proses diatas selesai , selanjutnya membuat projek laravel yang akan diinstal Laravel 5.8 baru di direktori yang kita tentukan. Contoh, kita akan membuat projek bernama blog maka ketikan perintah sebagai berikut:
laravel new blog

➦ Instal Laravel 5.8 via Composer
Untuk instalasi laravel 5.8 via composer, pastikan kita terkoneksi dengan internet dan ketikan perintah dibawah ini untuk instal laravel via composer :
composer create-project --prefer-dist laravel/laravel blog

▶ Menjalankan Projek Laravel 5.8 yang sudah terinstal
Setelah proses instalasi terselesaikan, baik menggunakan laravel installer atau via composer selanjutnya kita bisa menjalankan projek laravel yang sudah kita buat dalam localhost komputer kita dengan menggunakan perintah dibawah ini :
php artisan serve

Sekian postingan kali ini yang membahas tentang Tutorial Lengkap Instal Laravel 5.8 . Terimakasih Salam Kuas...
Baca juga :