Asiknya Kuliah Tugas - Ngerjain tugas bareng temen sampek malem minum kopi tetep hepi.

Saturday, September 14, 2019

Tutorial Lengkap Instal Laravel 5.8

9:52 AM Posted by Hawari Muhtarom , No comments
Manajemen Informatika Politeknik Negeri Lampung - Laravel merupakan salah satu web framework populer yang paling banyak digunakan. Saat ini laravel mempunyai versi terbarunya yang sudah dirilis yakni Laravel 5.8. Dalam website resmi laravel, Laravel utama dirilis setiap enam bulan yakni Februari dan Agustus. Untuk melakukan instalasi laravel 5.8 terbaru beberapa keperluan sistem harus terpenuhi. Berikut merupakan kebutuhan sistem yang harus dipenuhi dalam instalasi laravel 5.8



▶ Kebutuhan Sistem Laravel 5.8
PHP >= 7.2.0
BCMath PHP Extension
Ctype PHP Extension
JSON PHP Extension
PDO PHP Extension
OpenSSL PHP Extension
Tokenizer PHP Extension
Mbstring PHP Extension
XML PHP Extension

▶ Instalasi Laravel 5.8
Dalam instalasi web framework laravel 5.8 ini terdapat beberapa cara instalasi yakni via composer atau di localhost komputer kita. Berikut merupakan cara instalasi laravel 5.8 :

Instal Laravel 5.8 via Laravel Installer
Untuk instalasi via laravel installer terlebih dahulu kita mendownload laravel installer, lalu instal menggunakan perintah composer dengan mengetikan perintah dibawah ini menggunakan terminal / cmd:

composer global require laravel/installer

Setelah proses diatas selesai , selanjutnya membuat projek laravel yang akan diinstal Laravel 5.8 baru di direktori yang kita tentukan. Contoh, kita akan membuat projek bernama blog maka ketikan perintah sebagai berikut:
laravel new blog

➦ Instal Laravel 5.8 via Composer
Untuk instalasi laravel 5.8 via composer, pastikan kita terkoneksi dengan internet dan ketikan perintah dibawah ini untuk instal laravel via composer :
composer create-project --prefer-dist laravel/laravel blog

▶ Menjalankan Projek Laravel 5.8 yang sudah terinstal
Setelah proses instalasi terselesaikan, baik menggunakan laravel installer atau via composer selanjutnya kita bisa menjalankan projek laravel yang sudah kita buat dalam localhost komputer kita dengan menggunakan perintah dibawah ini :
php artisan serve

Sekian postingan kali ini yang membahas tentang Tutorial Lengkap Instal Laravel 5.8 . Terimakasih Salam Kuas...
Baca juga :

0 comments:

Post a Comment