Asiknya Kuliah Tugas - Ngerjain tugas bareng temen sampek malem minum kopi tetep hepi.

Tuesday, December 13, 2016

Contoh Program Bahasa C++ Menghitung Luas dan Keliling Persegi

7:03 AM Posted by Hawari Muhtarom No comments
Manajemen Informatika Politeknik Negeri Lampung - Dalam pembahasan kali ini kita akan belajar membuat program menghitung luas persegi dan keliling persegi menggunakan bahasa pemrograman C++ dan menggunakan aplikasi Codeblock. Jika anda belum mempunyai aplikasinya anda bisa mendownload pada situs resminya www.codeblocks.org . Setelah itu instal aplikasi dan gunakan untuk membuat program yang akan kita buat nantinya.

Langsung masuk pembahasan Contoh Program Bahasa C++ Menghitung Luas dan Keliling Persegi, langkah sebelum membuat program sebaiknya kita mengetahui algoritmanya terlebih dahulu atau mengerti urutan penyelesaian masalah dalam program yang akan kita buat, dan langkah selanjutnya kita tinggal membuat coding dari aplikasi yang akan kita buat menggunakan bahasa pemrograman C++ ini.

Contoh Program Bahasa C++ Menghitung Luas Persegi



#include <iostream>
using namespace std;
int main(){
    int s,luas;

    cout<<"masukan sisi persegi : ";
    cin>>s;

    luas=s*s;
    cout<<"luas persegi adalah "<<luas;
    return 0;

}

Keterangan :
s merupakan variabel sisi dalam sebuah persegi

Program:
Untuk menjalankan program yang kita buat pilih Build and Run lalu otomatis akan muncul penjalanan program lewat cmd, lalu masukan berapa panjang sisi dalam persegi itu dan setelah itu tekan enter maka hasil menghitung luas persegi akan ditampilkan.




Contoh Program Bahasa C++ Menghitung Keliling Persegi

#include <iostream>
using namespace std;
int main(){
    int s,keliling;

    cout<<"masukan sisi persegi : ";
    cin>>s;

    keliling=4*s;
    cout<<"luas persegi adalah "<<keliling;
    return 0;

}


Keterangan :
s merupakan variabel sisi dalam sebuah persegi

Program:
Untuk menjalankan program yang kita buat pilih Build and Run lalu otomatis akan muncul penjalanan program lewat cmd, lalu masukan berapa panjang sisi dalam persegi itu dan setelah itu tekan enter maka hasil menghitung keliling persegi akan ditampilkan.



Contoh diatas merupakan contoh program yang sederhana yakni menghitung luas dan keliling sebuah persegi menggunakan aplikasi codeblock dan bahasa program c++. Untuk menjadi seorang programer yang handal tentu untuk yang masih pemula harus terlebih dahulu membuat atau belajar yang sederhada terlebih dahulu. Sekian postingan saya kali ini. Terimakasih.

0 comments:

Post a Comment